bandungarchitect.com "DESIGN ARCHITECTURE UNIQUE"

tips desain agar tepi kanopi beton minimalis anda tidak kotor






Adakalanya tepi kanopi beton rumah anda tampak cepat kotor dan terlihat berjamur karena jatuhan/cucuran air hujan.(dahdiran,sunda.red)

Hal ini tentunya dapat merusak pemandangan tampak facade rumah anda, terlebih jika rumah anda terhitung baru dibangun. Apalagi desain kanopi beton rumah masa kini banyak mengadopsi model minimalis menyesuaikan gaya rumah secara keseluruhannya yang bergaya minimalisan. Biasanya kanopi model minimalis ini memiliki ketebalan yang tipis sekitar 7cm-10cm. Jika kanopi model minimalis ini didesain dengan salah tentu memiliki konsekuensi logisnya,kanopi akan cepat kusam dan kotor oleh jatuhan air hujan. 

Berikut gambaran  potongan penampang kanopi beton model minimalis yang umum diprektekkan dibuat di lapangan,sehingga banyak mengakibatkan tepi kanopi cepat kotor.


Model Kanopi diatas,tentu mengakibatkan jatuhan air hujan di buang ke depan,yang mengakibatkan tepi kanopi beton akan cepat kotor,dan pada akhirnya,kadang cucuran air hujan tersebut ikut mengotori atau merusak plafond yang ada di bawahnya.

Untuk mengantisipasi hal itu terjadi,maka diperlukan desain Kanopi yang tepat agar kanopi beton tetap terlihat bersih bertahun-tahun.

Berikut ilustrasi/gambaran desain potongan penampang kanopi minimalis yang benar:

Pada desain kanopi tersebut , di bagian tepi kanopi dibuat semacam tanggulan dari beton yg dimiringkan ke bagian dalam ,dan air hujan di alirkan ke bagian dalam kanopi,atau kearah dinding.dengan kemiringan yg dibuat dari screeding sebesar 1% dari lebar kanopi..Dan pada bagian dinding dilapisi waterproofing untuk menghindari rembesan air kedinding serta  dipasang pula pipa pembuangan yang di tanam di dalam dinding sebagai pembuangan air. 

Maka konsekuensi nya dari desain tersebut, Kanopi hanya dapat dibuat setipis-tipisnya setebal 10 cm ..Namun, tepi kanopi beton anda akan tetap tampak bersih bertahun-tahun.





Solusi lain, jika rumah anda sudah terlanjur sudah kotor,anda dapat mengkamuflasekannya dengan cara mencat tepi kanopi beton rumah anda dengan cat berwana gelap misal hitam atau coklat tua,sesuai warna rumah anada,sehingga kanopi beton yang kotor dapat tersamarkan. (Luki Dwitama)