bandungarchitect.com "DESIGN ARCHITECTURE UNIQUE"

Tropical Fractal House






- Client      : Mr. Benny Nur Ramdhoni
- Location : Kopo, Bandung
- Status     : Design Proposal




Fractal adalah salah satu pendekatan desain arsitektur, dimana komposisi fraktal ini di dasarkan oleh pengulangan pola(pattern) yang sama pada ornamennya,dengan modifikasi berbagai skala yang berbeda-beda, dan modifikasi yang lain dengan cara di flip/mirroring, diputar(rotating) serta di gabung (intersecting) sehingga menampilkan komposisi bentuk yang menarik..

Kebetulan, bapak Benny sang owner dari proyek rumah tinggal ini membebaskan saya berekspresi pada desain rumah tinggalnya.. Sang owner hanya menginginkan agar calon rumahnya itu memiliki penghawaan yang baik, dan tampak(facade bangunan) yang terlihat chic..Oleh karena itu saya mencoba pendekatan desain fractal yang di padukan dengan bangunan tropis.

Di sebidang tanah 400 m2 di daerah selatan Bandung ini. Saya mencoba mengakomodir semua kebutuhan sang owner..dengan membagi zoning - zoning area semi public,semi privat,privat dan service, sehingga tercipta suatu pola (pattern) pada denah nya yang kembali di terapkan pada desain facadenya dengan menggunakan pendekatan fractal ini.

Kekuatan desain rumah tinggal ini yaitu pattern pada denah sama dengan pattern pada desain tampaknya. Disamping requirement penghawaan yang baik pada setiap ruang2 yang ada
...

Modified your pattern with fractal.....and enjoy it..