bandungarchitect.com "DESIGN ARCHITECTURE UNIQUE"

Pentingnya Aksen pada Facade


Fasad (façade) merupakan wajah depan rumah yang akan memberikan kesan pertama. Wujud fasad bahkan dapat pula diartikan wujud keinginan penghuni yang sekilas berhubungan pula dengan karakter penghuni. Dalam pembentukan sebuah fasad kriteria estetis dan pertimbangan lainnya seperti lingkungan dan kondisi iklim turut memberikan pengaruh terhadap wujud yang timbul.

Namun ada kalanya facade rumah kita  seragam dengan rumah lainnya (rumah tetangga) jika rumah yang kita huni berada dalam komplek perumahan.Sehingga tamu yang akan datang ke rumah kita sangat kesulitan untuk membedakan yang mana rumah kita. 

Untuk menyiasatinya  hal ini, salah satu solusinya adalah dengan memberikan aksen yang mencolok pada bagian kecil rumah kita, sebagai identitas dan penanda rumah kita. juga sebagai  dari facade rumah kita.

Adapun aksen itu dapat berupa pemberian warna yang kontras dengan warna cat facade misalkan dengan warna-warna terang seperti merah,kuning,biru atau hijau, atau dapat berupa pemberian tekstur yang berbeda serta bentuk yang berbeda untuk memberikan kesan mononjol sebagai penanda pada bagian kecil facade rumah yang kita miliki seperti dengan texture batu alam dengan bentuk miring dan sebagainya. 





</span></em>